Banjir – Longsor 2012 Lampung diprediksi Aman

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melansir prediksi bencana 2012 yang harus diantisipasi. Dari prediksi itu Lampung dianggap sebagai wilayah aman dari ancaman.

BNPB menyebutkan ancaman terbesar terjadi di Pulau Jawa dan sebagian Sumatera. Banjir akan menggenangi 100 kabupaten/kota di seluruh provinsi di Pulau jawa dan sumatera.

Kepala pusat data informasi dan humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di Jakarta kemarin (16/11) menuturkan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan kementrian Pekerjaan Umum (PU), badan meteorologi klimatologi dan geofiksika (BMKG) serta badan koordinasi survei dan pemetaan nasional (bakosurtanal) terkait bencana tersebut.

Sutopo menjelaskan dari hasil koordinasi ini muncul prediksi jika Januari tahun depan ada 11 provinsi yang memiliki potensi tinggi tergenang banjir. Yaitu jawa tengah, jawa timur, Di jogjakarta, jawa barat, banten, dan DKI Jakarta. Kemudian NAD, Sumatera Utara, sumatera Barat, sumatera selatan dan kalimantan barat.

Selain memperkirakan peta peta kawasan rawan banjir, sutopo mengatakan pihaknya juga melansir kawasan kawasan yang rawan tergerus tanah longsor. Total ada 16 prov. Yang rawan terjadi tanah longsor. Diantaranya Jawa Timur, Jawa Tengah, DI Jogjakarta, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, NTB, NTT, Papua Barat, dan Papua.

ancaman banjir pada musim penghujan periode 2011 2012 sangat nyata. analisis BMKG menunjukkan bahwa kondisi normal hingga munculnya La Nina dengan kekuatan lemah akan dominan hingga akhir 2011. tetapi memasuki 2012, suhu permukaan air laut disebagian besar perairan wilayah Indonesia meningkat. “kondisi ini menyebabkan pasokan uap air melimpah.

akibatnya, bakal terjadi hujan dengan intensitas tinggi. saat ini sudah ada laporan dari beberapa daerah yang mengalami banjir. diantaranya di DKI Jakarta, kabupaten pasaman, dan kabupaten pesisir selatan (sumbar), serta di sebagian daerah di kalimantan selatan.

khusus di pulau jawa, banjir dan longsor berpotensi menimbulkan kerugian materi yang besar, bahkan hingga korban jiwa. sebab diperkirakan saat ini ada 120 juta jiwa tinggal di pulau tsb dan khususnya di titik titik rawan bencana.

sutopo memprediksi ada 98 kabupaten/kota di Jawa tergenang banjir pada Desember 2011 dan puncaknya januari 2012.

source: radar lampung

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s